Bisnis Tas Perca Batik

Bisnis Tas Perca Batik - Hallo friend Joueur Blog, in this article with the topic Bisnis Tas Perca Batik, we have prepared this article well for you to read and take information in it. hopefully the post content Artikel Bisnis Pakaian, what we write can you understand. alright, happy reading.



Kain perca batik yang bagi sebagian besar orang dianggap sebagai sebuah limbah ternyata menyimpan potensi untuk dikembangkan menjadi produk yang bernilai jual tinggi. Bagi orang awam mungkin itu mustahil, namun di tangan Sri Susanti (36), perca batik ternyata mampu disulap menjadi kreasi produk unik dan memiliki nilai jual di pasaran. Melimpahnya limbah perca batik di sekitar tempat tinggalnya mengilhami warga Pleret Bantul tersebut untuk memanfaatkannya menjadi aneka jenis tas beragam bentuk.

Proses trial error dilakukan istri dari Dwi Istiarto (36) itu dengan mengandalkan ketrampilan menjahit yang dimilikinya sejak kecil. Kondisi tersebut diakui Ibu Sri cukup membantu merealisasikan ide bisnis terbaru mengkreasi berbagai macam jenis produk, seperti tas belanja, travel bag, tas sekolah, dll.

Kenapa tas? Diakui Ibu Sri ketika awal mula merintis usaha tersebut order pertama yang masuk adalah pesanan tas. “Tahun 2006 pasca gempa lebih tepatnya (mendapatkan order tas), dari situ saya mulai mengembangkan usaha ini dengan spesifikasi produk tas,” imbuhnya. Melalui kenalannya, Ibu Sri mulai berani memasarkan tas-tas kreasinya yang kebanyakan dijual di pasar-pasar. Baru setelah produknya mulai dikenal banyak orang, justru dirinya banyak ‘diburu’ oleh para pedagang-pedagang untuk dijadikan sebagai supplier.

Hampir seluruh kreasi Ibu Sri yang mengusung 2R Batik Craft sebagai nama usahanya diambil oleh pelanggan-pelanggan dari wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. “Sebagian besar mereka adalah para pedagang yang ngetem di lokasi-lokasi wisata seputaran Jogja dan Jateng, seperti Malioboro, Beringharjo, Prambanan, Borobudur, dll,” jelasnya. Sehingga terkadang ketika musim liburan tiba, Ibu Sri mengaku kapasitas produksinya bisa melonjak lebih dari 100%.

Untuk harga, kreasi produk 2R Batik Craft dijual dengan harga yang bervariasi, tergantung jenis tasnya. Tas umum (seperti tas sekolah, tas belanja, dan sejenisnya) dipasarkan dengan harga Rp.15.000,00 s.d. Rp.20.000,00/ pcs. Sementara untuk tas model travel bag dipasarkan dengan harga Rp.35.000,00/ pcs. Dengan kisaran harga seperti itu, Ibu Sri mengaku dalam seminggu bisa mengantongi omzet rata-rata 6-8 juta Rupiah.

Adapun yang menjadi ciri khas kreasi produk 2R Batik Craft menurut Ibu Sri selain harga yang terjangkau adalah penggunaan warna-warna yang cerah. Selain itu, pihaknya juga menerima pelayanan purna jual atau garansi. “Untuk layanan purna jual hanya untuk jahitan, jadi misalnya ada produk yang jahitanya rusak bisa dibawa ke sini untuk kita perbaiki, dan itupun hanya berlaku selama 3 bulan saja,” lanjutnya.

Ketika ditanya mengenai harapan ke depannya, tanpa ragu Ibu Sri ingin Bisnis Tas Perca Batik tersebut bisa lebih berkembang dengan kapasitas yang lebih besar lagi. Terlebih dengan semakin berkembangnya usaha itu, dirinya bisa lebih banyak lagi merangkul ibu-ibu rumah tangga yang ada di wilayahnya untuk diberdayakan sebagai tenaga produksi.


So is itBisnis Tas Perca Batik

That's all we talking about Bisnis Tas Perca Batik, hopefully it can benefit you all. alright, see you in another article post.


Now you reading Bisnis Tas Perca Batik With the link http://www.joueur1.com/2014/01/bisnis-tas-perca-batik.html

0 Response to "Bisnis Tas Perca Batik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel